Memahami Algoritma, Flowchart, dan Pseudocode untuk Siswa SMA Kelas 11

algoritma SMA kelas 11, flowchart sederhana, contoh pseudocode, belajar algoritma pemrograman, materi informatika SMA

Apa Itu Algoritma?

Algoritma adalah langkah-langkah sistematis dan terurut untuk menyelesaikan suatu masalah. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan algoritma tanpa sadar!

💡 Contoh Sederhana:

Algoritma Membuat Mi Instan

  1. Siapkan panci dan air.

  2. Rebus air hingga mendidih.

  3. Masukkan mi instan ke dalam air mendidih.

  4. Tunggu selama 3 menit.

  5. Tiriskan mi.

  6. Campurkan bumbu ke dalam mi.

  7. Aduk hingga rata.

  8. Mi siap disantap!

Catatan: Setiap langkah harus jelas, berurutan, dan menghasilkan solusi akhir.


Apa Itu Flowchart?

Flowchart adalah diagram yang menggambarkan alur proses atau langkah-langkah dalam sebuah algoritma. Flowchart menggunakan simbol-simbol standar agar mudah dibaca.

🔸 Simbol Umum Flowchart:

SimbolNamaFungsi
OvalTerminalMulai / Selesai
Persegi PanjangProsesLangkah kerja
Belah KetupatKeputusanPertanyaan ya/tidak
------>ArusArah alur proses

💡 Contoh Flowchart: Membuat Mi Instan

[Mulai]
  ↓
[Siapkan panci dan air]
  ↓
[Rebus air hingga mendidih]
  ↓
[Masukkan mi instan]
  ↓
[Tunggu 3 menit]
  ↓
[Tiriskan mi]
  ↓
[Tambahkan bumbu]
  ↓
[Aduk hingga rata]
  ↓
[Mi siap disantap!]
  ↓
[Selesai]

Untuk visual yang lebih menarik, kamu bisa menggambar flowchart ini di kertas atau menggunakan tools seperti draw.io, Lucidchart, atau Canva.


Apa Itu Pseudocode?

Pseudocode adalah cara menuliskan algoritma dalam bentuk mirip bahasa pemrograman, tapi menggunakan bahasa manusia (biasanya campuran Bahasa Indonesia/Inggris). Tujuannya agar mudah dipahami sebelum diubah ke kode program.

💡 Contoh Pseudocode: Membuat Mi Instan

ALGORITMA BuatMiInstan
BEGIN
  Siapkan panci dan air
  Rebus air hingga mendidih
  Masukkan mi instan ke dalam air
  Tunggu selama 3 menit
  Tiriskan mi
  Tambahkan bumbu
  Aduk hingga rata
  Tampilkan "Mi siap disantap!"
END

Pseudocode tidak mengikuti aturan sintaks bahasa pemrograman tertentu, jadi fleksibel dan mudah dimengerti.


Contoh Lain: Algoritma Mencari Buku di Perpustakaan

🔹 Algoritma (Langkah Teks):

  1. Masuk ke perpustakaan.

  2. Cari buku di katalog (bisa digital atau manual).

  3. Catat nomor rak buku tersebut.

  4. Pergi ke rak yang sesuai.

  5. Cari buku berdasarkan judul/penulis.

  6. Jika ditemukan → ambil buku.

  7. Jika tidak ditemukan → tanyakan ke petugas.

  8. Pinjam buku di meja sirkulasi.

🔹 Flowchart (Ringkasan Visual):

[Mulai]
  ↓
[Masuk perpustakaan]
  ↓
[Cari di katalog]
  ↓
[Catat nomor rak]
  ↓
[Pergi ke rak]
  ↓
{Buku ditemukan?}
  ↙             ↘
Ya               Tidak
↓                 ↓
[Ambil buku]   [Tanya petugas]
  ↓                 ↓
[Pinjam buku] ←──────┘
  ↓
[Selesai]

🔹 Pseudocode:

ALGORITMA CariBuku
BEGIN
  Masuk ke perpustakaan
  Cari buku di katalog
  Catat nomor rak
  Pergi ke rak tersebut
  IF buku ditemukan THEN
      Ambil buku
  ELSE
      Tanya petugas perpustakaan
  ENDIF
  Pinjam buku di meja sirkulasi
END

✏️ Latihan Mandiri

Coba kerjakan latihan berikut! Setelah selesai, cocokkan dengan solusi di bawah.

Soal 1

Buatlah algoritma teks, flowchart sederhana, dan pseudocode untuk menyalakan lampu kamar.

Soal 2

Buat algoritma untuk menentukan apakah seseorang boleh menonton film berdasarkan usia (misalnya: usia ≥ 13 boleh menonton).


Solusi Latihan

Jawaban Soal 1: Menyalakan Lampu Kamar

Algoritma Teks:

  1. Masuk ke kamar.

  2. Cari saklar lampu.

  3. Tekan saklar ke posisi "ON".

  4. Lampu menyala.

Flowchart:

[Mulai] → [Masuk kamar] → [Cari saklar] → [Tekan saklar ON] → [Lampu menyala] → [Selesai]

Pseudocode:

ALGORITMA NyalakanLampu
BEGIN
  Masuk ke kamar
  Cari saklar lampu
  Tekan saklar ke posisi ON
  Tampilkan "Lampu menyala!"
END

Jawaban Soal 2: Cek Usia Menonton Film

Algoritma Teks:

  1. Input usia penonton.

  2. Jika usia ≥ 13, maka boleh menonton.

  3. Jika usia < 13, maka tidak boleh menonton.

Pseudocode:

ALGORITMA CekUsiaMenonton
BEGIN
  INPUT usia
  IF usia >= 13 THEN
      Tampilkan "Boleh menonton film"
  ELSE
      Tampilkan "Tidak boleh menonton film"
  ENDIF
END

Flowchart:

[Mulai]
  ↓
[Input usia]
  ↓
{usia ≥ 13?}
  ↙         ↘
Ya           Tidak
↓             ↓
"Tampilkan   "Tampilkan
Boleh..."   Tidak..."
  ↓             ↓
[Selesai] ←──────┘

📌 Kesimpulan

  • Algoritma = langkah-langkah logis menyelesaikan masalah.

  • Flowchart = gambar alur algoritma dengan simbol standar.

  • Pseudocode = tulisan algoritma mirip kode program, tapi mudah dibaca.

Ketiga konsep ini adalah dasar pemrograman komputer dan sangat penting dipahami sebelum belajar bahasa pemrograman seperti Python, Java, atau C++.


🔍 Tips Belajar Tambahan

  • Latih membuat algoritma dari aktivitas sehari-hari (mandi, belanja, nyalakan TV).

  • Gunakan kertas untuk menggambar flowchart sebelum pakai software.

  • Diskusikan dengan teman: “Bagaimana algoritma kamu berbeda?”


إرسال تعليق